Jumat, 07 Desember 2012

jaringan komputer



BAB 1

A. PENGERTIAN INTERNET DAN INTRANET

1. INTERNET
    

Apa itu Internet? Mari coba kita jabarkan Pengertian dari Internet.

Internet merupakan jaringan global komputer dunia, besar dan sangat luas sekali dimana setiap komputer saling terhubung satu sama lainnya dari negara ke negara lainnya di seluruh dunia dan berisi berbagai macam informasi, mulai dari text, gambar, audio, video, dan lainnya.
pengertian internet Pengertian Internet
Internet itu sendiri berasal dari kata Interconnection Networking, yang berarti hubungan dari banyak jaringan komputer dengan berbagai tipe dan jenis, dengan menggunakan tipe komunikasi seperti telepon, salelit, dan lainnya.
Dalam mengatur integrasi dan komunikasi jaringan komputer ini menggunakan protokol yaitu TCP/IP. TCP (Transmission Control Protocol) bertugas untuk memastikan bahwa semua hubungan bekerja dengan benar, sedangkan IP (Internet Protocol) yang mentransmisikan data dari satu komputer ke komputer lain. TPC/IP secara umum berfungsi memilih rute terbaik transmisi data, memilih rute alternatif jika suatu rute tidak dapat di gunakan, mengatur dan mengirimkan paket-paket pengiriman data.
Untuk dapat ikut serta menggunakan fasilitas Internet, Anda harus berlangganan ke salah satu ISP (Internet Service Provider) yang ada dan melayani daerah Anda. ISP ini biasanya disebut penyelenggara jasa internet. Anda bisa menggunakan fasilitas dari Telkom seperti Telkomnet Instan, speedy dan juga layanan ISP lain seperti first media, netzip dan sebagainya.
Internet memberikan banyak sekali manfaat, ada yang bisa memberikan manfaat baik dan buruk. Baik bila digunakan untuk pembelajaran informasi dan buruk bila digunakan untuk hal yang berbau pornografi, informasi kekerasan, dan lain-lainnya yang negatif.
Internet ini memungkinkan pengguna komputer di seluruh dunia untuk saling berkomunikasi dan berbagi informasi dengan cara saling mengirimkan  email, menghubungkan komputer satu ke ke komputer yang lain, mengirim dan menerima file dalam bentuk text, audio, video, membahas topik tertentu pada newsgroup, website social networking dan lain-lain.

2. INTRANET

   intranet adalah sebuah jaringan privat (private network) yg menggunakan protokol-protokol internet (TCP/IP) , untuk membagi informasi rahasia perusahaan atau oprasi dalam perusahaan tersebut kepada karyawannya .   Intranet berfungsi mengkomunikasikan komputer satu dengan yang lain, persis seperti internet tatapi layanannya terbatas, tidak seluas dan seberagam di internet.

 B. SEJARAH INTERNET

Sejarah dari adanya intenet dimulai pada tahun 1969 ketika itu Departemen Pertahanan Amerika, U.S. Defense Advanced Research Projects Agency(DARPA) memutuskan untuk mengadakan riset tentang bagaimana cara menghubungkan sejumlah komputer sehingga membentuk jaringan organik.
Program riset ini dikenal dengan nama ARPANET. Pada 1970, sudah lebih dari 10 komputer yang berhasil dihubungkan satu sama lain sehingga mereka bisa saling berkomunikasi dan membentuk sebuah jaringan.
sejarah internet Sejarah Internet
Tahun 1972, Roy Tomlinson berhasil menyempurnakan program e-mail yang ia ciptakan setahun yang lalu untuk ARPANET. Program e-mail ini begitu mudah sehingga langsung menjadi populer. Pada tahun yang sama, icon @juga diperkenalkan sebagai lambang penting yang menunjukkan “at” atau “pada”. Tahun 1973, jaringan komputer ARPANET mulai dikembangkan ke luar Amerika Serikat.
Komputer University College di London merupakan komputer pertama yang ada di luar Amerika yang menjadi anggota jaringan Arpanet. Pada tahun yang sama, dua orang ahli komputer yakni Vinton Cerf dan Bob Kahn mempresentasikan sebuah gagasan yang lebih besar, yang menjadi cikal bakal pemikiran internet. Ide ini dipresentasikan untuk pertama kalinya di Universitas Sussex.
Hari bersejarah berikutnya adalah tanggal 26 Maret 1976, ketika Ratu Inggris berhasil mengirimkan e-mail dari Royal Signals and Radar Establishment di Malvern. Setahun kemudian, sudah lebih dari 100 komputer yang bergabung di ARPANET membentuk sebuah jaringan atau network. Pada 1979, Tom Truscott, Jim Ellis dan Steve Bellovin, menciptakan newsgroups pertama yang diberi nama USENET. Tahun 1981 France Telecom menciptakan gebrakan dengan meluncurkan telpon televisi pertama, dimana orang bisa saling menelpon sambil berhubungan dengan video link.
Karena komputer yang membentuk jaringan semakin hari semakin banyak, maka dibutuhkan sebuah protokol resmi yang diakui oleh semua jaringan. Pada tahun 1982 dibentuk Transmission Control Protocol atau TCP dan Internet Protokol atau IP yang kita kenal semua. Sementara itu di Eropa muncul jaringan komputer tandingan yang dikenal dengan Eunet, yang menyediakan jasa jaringan komputer di negara-negara Belanda, Inggris, Denmark dan Swedia. Jaringan Eunet menyediakan jasa e-mail dan newsgroup USENET.
Untuk menyeragamkan alamat di jaringan komputer yang ada, maka pada tahun 1984 diperkenalkan sistem nama domain, yang kini kita kenal dengan DNS atau Domain Name System. Komputer yang tersambung dengan jaringan yang ada sudah melebihi 1000 komputer lebih. Pada 1987 jumlah komputer yang tersambung ke jaringan melonjak 10 kali lipat manjadi 10.000 lebih.
Tahun 1988, Jarko Oikarinen dari Finland menemukan dan sekaligus memperkenalkan IRC atau Internet Relay Chat. Setahun kemudian, jumlah komputer yang saling berhubungan kembali melonjak 10 kali lipat dalam setahun. Tak kurang dari 100.000 komputer kini membentuk sebuah jaringan. Tahun 1990 adalah tahun yang paling bersejarah, ketika Tim Berners Lee menemukan program editor dan browser yang bisa menjelajah antara satu komputer dengan komputer yang lainnya, yang membentuk jaringan itu. Program inilah yang disebut www, atau Worl Wide Web.
Tahun 1992, komputer yang saling tersambung membentuk jaringan sudah melampaui sejuta komputer, dan di tahun yang sama muncul istilah surfing the internet. Tahun 1994, situs internet telah tumbuh menjadi 3000 alamat halaman, dan untuk pertama kalinya virtual-shopping atau e-retail muncul di internet. Dunia langsung berubah.

BAB 2

C. PENGERTIAN JARINGAN

http://4.bp.blogspot.com/_Z3GQMwpGpns/TELKVz3IT-I/AAAAAAAAAY0/q2ViLJgMX_o/s1600/komputer8.gif   Pengertian dari Jaringan komputer adalah sekumpulan komputer, serta perangkat-perangkat lain pendukung komputer yang saling terhubung dalam suatu kesatuan. Media jaringan komputer dapat melalui kabel-kabel atau tanpa kabel sehingga memungkinkan pengguna jaringan komputer dapat saling melakukan pertukaran informasi, seperti dokumen dan data, dapat juga melakukan pencetakan pada printer yang sama dan bersama-sama memakai perangkat keras dan perangkat lunak yang terhubung dengan jaringan. Setiap komputer, ataupun perangkat-perangkat yang terhubung dalam suatu jaringan disebut dengan node. Dalam sebuah jaringan komputer dapat mempunyai dua, puluhan, ribuan atau bahkan jutaan node.
 
D. JENIS-JENIS JARINGAN KOMPUTER

1. LAN (Local Area Network) atau jaringan lokal
 http://www.tabernus.com/images/lan-chart.jpgLAN (Local Area Network) merupakan suatu kumpulankomputer dimana terdapat beberapa unit komputer dan 1 unit komputer untuk bank data (server) .

2. MAN (Metropolitan Area Network)

 3. WAN (Wide Area Network)
http://didierfavre.net/Reseaux/Network/Reseau_WAN-Serveur_Web.JPG


E. PERANGKAT KERAS JARINGAN KOMPUTER

* TERMINAL
* NIC (NETWORK INTERFACE CARD)
* HUB ATAU CONCENTRATOR
* SWITCH
* REPEATER
* BRIDGE
* ROUTER
* KABEL
* MODEM

BAB 3

UKURAN KECEPATAN AKSES INTERNET

Materi Pembelajaran
1. Pengertian kecepatan akses internet: adalah kecepatan transfer data. Kecepatan transfer data adalah jumlah data dalam bit yang melewati suatu media tertentu dalam satu detik. Bit adalah binary digit yaitu satuan terkecil dalam komputasi, terdiri dari sebuah besaran yang memiliki nilai antara 0 dan 1. Byte adalah sekumpulan bit yang mempresentasikan sebuah karakter tunggal. 1 byte=8 bit. 1 Kilo Byte=1024 bit.

2. Satuan kecepatan akses internet: adalah bit per sekon, disingkat bps. Umumnya kecepatan akses internet adalah kbps (kilo bit per sekon)

3. Perhitungan kecepatan akses internet, 1.000 bit/s= 1 kbps, 1.000.000 bit/s=1 Mbps. 1.000.000.000 bit/s=1 Gbit/s=Gbps. Kecepatan akses internet dial up di Indonesia rata-rata 56 kbps. Kecepatan transfer data tanpa kabel (wireless) 2,4 Ghz adalah 2 Mbps, sedangkan kecepaan switch standar adalah 100 Mbps.


4. Kecepatan akses internet untuk beberapa peralatan:
I. Audio
- 8 kbit/s-kwalitas telepon
- 32 kbit/s- kwalitas medium wave (MW)
- 96 kbit/s- kwalitas FM
- 128 kbit/s- kwalitas CD
- 1,4 Mbit/s- kwalitas CD dengan teknologi CDDA
II. Video
- 16 kbit/s- kwalitas video phone
- 128 kbit/s- kwalitas video conferencing
- 1 Mbit/s- kwalitas VHS
- 5 Mbit/s- kwalitas DVD
- 10 Mbit/s- kwalitas HDTV

5. Beberapa istilah terkait dengan akses internet:
Download : kegiatan menyalin data/file/aplikasi dari sebuah computer yang
terhubung dalam sebuah jaringan internet ke computer lokal
Upload : kebalikan dari istilah download, yaitukegiatan
menyalin/menyimpan data/file/aplikasi dari computer lokal ke
internet (server)
Downstream : kecepatan aliran data ketika pelanggan sedang melakukan
download dengan kecepatan maksimum 384/512 kbps
Upstream : kecepatan aliran data ketika pelangan melakukan upload dengan
kecepatan maksimum sampa dengan 64 kbps
6. Faktror –faktor yang mempengaruhi kecepaan akses internet:
1. Unit Komputer. Meliputi hardisk dan RAM, parameter untuk menentukan performa dari hardisk adalah:
- Data rate: jumlah bit perdetik yang dapat diantarkan ke CPU
- Seek time: selang waktu yang diperlukan CPU merequest sebuah file dengan
2. saat bit pertama trerkirim ke CPU
1. Jenis modem: satuan kecepatan transfer kbps. Kisaran 300 bps-56,6 kbps
2. Jenis jaringan komunikasi: ada yang menggunakan line telepon (max 56 kbps),
layanan GPRS pada telepon seluler (>115 kbps), layanan CDMA (115 kbps)
jaringan TV kabel (250 kbps) dan satelit.
3. Besar bandwidth yang disewa oleh ISP ke backbone internet
4. Jumlah pengguna yang mengakses server secara bersama
7. Cara mengukur kecepatan akses internet:
Ada beberapa cara untuk mengukur seberapa besar kecepatan akses internet yaitu melalui test kecepatan melalui web, melalui software bandwidth monitor yang diinstal terlebih dahulu pada computer kita. Selain itu, kecepatan akses internet juga bisa diukur melalui web CJY-Net. Dengan menggunakan web ini, kita dapat mengukur kecepatan koneksi menggunakan web browser, baik untuk akses via modem, leased line, ADSL, cable modem, dll.

BAB 4

 A. PERANGKAT KERAS (HARDWARE) INTRANET

Untuk membangun jaringan komputer seperti LAN dan MAN dibutuhkan perangkat-perangkat keras yang memungkinkan komputer tersebut untuk saling berkomunikasi. Perangkat-perangkat tersebut antara lain:


1. Komputer
Berdasarkan fungsinya komputer dapat dibedakan menjadi dua, yaitu:
1) Komputer server, yaitu komputer yang berfungsi untuk melayani dan mengatur jaringan komputer lainnya.
2) Komputer client, yaitu komputer yang berfungsi sebagai tempat dimana pengguna komputer jaringan bekerja.
2. Kartu Jaringan
Kartu jaringan atau NIC (Network Interface Card) merupakan perangkat yang menghubungkan komputer ke suatu jaringan kartu yang dipasang pada salah satu slot ekspansi pada mainboard komputer.
3. Kabel Jaringan
Kabel jaringan merupakan komponen pokok dalam sebuah jaringan. Tanpa adanya media ini, jaringan tidak bisa berjalan dan tidak bisa digunakan untuk menghubungkan jaringan. Berikut ini macam-macam kabel jaringan
1) Kabel bersumbu sama (coaxial cable)
2) Kabel terpilin (twisted pair). Kabel terpilin terdiri atas dua jenis, yaitu kabel terpilin tanpa pelindung (unshielded Twisted Pair) dan kabel terpilin dengan pelindung (Shielded Twisted Pair). Kabel yang paling banyak digunakan adalah kabel tanpa pelindung karena disamping harganya relatif murah juga mudah didapat serta memiliki kemudahan dalam instalasinya.

3) Kabel serat optik (fibre optic cable)
B. PERANGKAT KERAS (HARDWARE) INTERNET
Untuk menghubungkan komputer ke internet diperlukan beberapa perangkat keras, antara lain:
1. Komputer
Komputer merupakan perangkat keras yang mutlak ada untuk melakukan akses internet. Komputer yang digunakan untuk mengakses internet harus memiliki spesifikasi yang memadai.
a). Processor
Komputer yang digunakan minimal pentium 1. Processor ini bertugas mengatur dan mengendalikan semua peralatan yang ada pada sistem komputer. Semakin tinggi kemampuan sebuah processor maka semakin tinggi pula kecepatan komputer untuk memproses data.
b). Memory/RAM
RAM (Random Acces Memory) yang digunakan minimal 32 Mb. Ram berfungsi menyimpan masukan data dan perintah yang sifatnya sementara. Semakin besar kapasitas yang dimiliki oleh RAM maka semakin secap pula komputer memproses data.
c). Hardisk
Hardisk yang digunakan minimal berukuran 3,2 Gb (Gyga Byte). Hardisk berfungsi untuk menyimpan sistem operasi, program dan data-data.

2. Modem (Modulator Demodulator)
Modem adalah komponen elektronik yang berfungsi mengubah signal digital menjadi signal analog (signal suara) atau sebaliknya. Signal digital dari komputer diubah ke signal analog agar dapat ditransmisikan menggunakan jalur telekomunikasi telepon ke komputer lainnya. Setelah signal analog tersebut sampai ke komputer tujuan maka harus diubah kembali menjadi signal digital agar dapat dipahami oleh komputer kembali.
Modem ada dua jenis, yaitu:
1) Modem internal adalah modem yang dipasangkan dislot di motherboard dan terdapat di dalam CPU (Central Processing Unit).
Keuntungan menggunakan modem internal adalah harganya relatif lebih murah, tidak memerlukan tempat tersendiri karena terletak dalam CPU.
Kelemahan yaitu pemasangannya yang lebih sulit dan tidak dapat dipindah-pindahkan dari satu komputer ke komputer lain ( harus membuka casing CPU).
2) Modem eksternal
Modem eksternal adalah modem yang terletak dibagian luar CPU (Central Processing Unit). Modem eksternal terhubung ke motherboard melalui Serial Port atau slot USB.
Keuntungan menggunakan modem eksternal adalah pemasangannya yang lebih gampang dan penggunaannya dapat dipindahkan dari satu komputer ke komputer lainnya dengan mudah (tanpa membuka casing) namun mempunyai kelemahan yaitu harganya relatif mahal dan memerlukan termpat tersendiri karena letaknya di luar CPU.

3. Jaringan Telpon
Jaringan telpon merupakan salah satu prasyarat yang sangat penting untuk mengakses internet. Jaringan telpon digunakan untuk meneruskan signal dari modem. Pada saat kita terhubung keinternet, berarti kita menggunakan pulsa telepon seperti pada saat kita menelpon. Tarif yang berlaku tergantung pada ISP yang kita gunakan.
C. PERANGKAT LUNAK (SOFTWARE) UNTUK MENGAKSES INTERNET
Selain perangkat keras, untuk menghubungkan komputer ke internet diperlukan juga perangkat lunak (software). Perangkat lunak yang digunakan untuk mengakses internet diperlukan dua software yaitu:
1. Software sistem operasi
Software sistem adalah perangkat lunak yang berfungsi mengendalikan sistem kerja komputer secara mendasar. Software sistem akan mengontrol kerja komputer beserta perangkat input dan outputnya. Sistem operasi yang biasa digunakan antara lain Windows, Linux, Macintosh dll.

2. Software aplikasi
Software aplikasi digunakan untuk mengakses layanan-layanan yang ada diinternet, antara lain:

  • Microsoft Internet Explorer, Moxilla Firefox, Google Chrome, Flock,opera dan Netscape Navigator adalah perangkat lunak browser yang digunakan untuk mengakses web.
  • Cute FTP, Go!Zilla adalah perangkat lunak untuk menjalankan FTP
  • mIRC, yahoo Messenger, plasa Messenger, google talk adalah program untuk menjalankan chatting
  • Yahoomail, Gmail, Hotmail, outlook Expres adalah perangkat lunak untuk aplikasi e-mail









Tidak ada komentar:

Poskan Komentar